Resume Perkembangan Komputer Grafik


Nama    : Sultan Muhammad Syarifudin

NPM      : 205100039

Mata Kuliah : Komputer Grafis & Praktek Komputer Grafis 

Resume Perkembangan Komputer Grafik


 

Perkembangan Komputer Grafik

 

Resume :

Secara pengertian Grafik Komputer adalah bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan manipulasi gambar secara digital. Bentuk sederhana dari Grafika Komputer ada yang berupa Grafika 2D yang kemudian berkembang menjadi 3D, pemrosesan citra, dan pengenalan pola. Grafika komputer biasa dikenal juga dengan istilah visualisasi data. Ada juga bagian dari Grafik Komputer yang perlu kita ketahui:

1. Geometri, mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang

2. Animasi, mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan

3. Rendering, mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya

4. Citra (Imaging), mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar

 

Sejarah dan Perkembangan Grafika Komputer

Sejarah Grafika Komputer itu sendiri sudah dimulai sejak zaman dahulu yaitu sejak jaman ketika banga Mesir, Roma, dan Yunani berkomunikasi dengan grafik. Beberapa lukisan yang terdapat pada batu nisan orang Mesir dapat dikatakan sebagai lukisan teknik. Seperti Leonardo da Vinci sudah menghasilkan lukisan dengan objek 3D dengan pandangan isometrik. Perkembangan Grafika Komputer dapat dibagi menjadi empat fase, yaitu:

Fase Pertama, Tahun 50an

Merupakan era grafika komputer interaktif. Pada mulanya perkembangan grafika komputer interaktif tidak terlalu cepat karena teknologi dan harga komputer yang mahal.Pada tahun 50an MIT mengembangkan komputer whirlwind dengan tabung sinar katode. Komputer ini mampu memaparkan grafik pasif yang digunakan untuk keperluan pertahanan. Komputer grafik interaktif mulai diteliti oleh general motor pada tahun 1959.


Fase Kedua, Dekade 60an

Merupakan zaman penelitian/riset grafika komputer interaktif. Saat ini grafika interaktif moderen berhasil ditemukan oleh Ivan Sutherland dengan sistem penggambaran SKETCHPAD. Awal tahun 60-an dimulainya model animasi dengan menampilkan simulasi efek fisik.

 

Fase Ketiga Pada Dekade 70an

Saat ini sektor industri, pemerintahan dan ilmuan mulai sadar akan pentingnya grafika komputer interaktif untuk memperbaiki kualitas desain produk secara cepat dan mudah.

 

Fase Keempat, Dekade 80an

Pada masa banyak orang berlomba untuk menemukan teori dan algoritma baru, penelitian dekade ini bertumpu pada penggabungan dan pengotomatisasian sebagai unsur desain dan pemodelan pejal (solid modeling) hal ini berguna untuk industri masa depan.

Perkembangan grafik komputer menjadi hal yang sangat menunjang kehidupan manusia saat ini, banyak sekali bidang-bidang yang terbantu dengan adanya perkembangan grafik komputer, antara lain :

  • Antarmuka pengguna (Graphic User Interface-GUI)
  • Peta (Cartography)
  • Kesehatan
  • Perancangan Objek (Computer Aided Design-CAD)
  • Sistem Multimedia
  • Presentasi Grafik
  • Presentasi Saintifik
  • Pemrosesan Citra
  • Simulasi

 

 

­  

No comments:

Post a Comment