Sejarah Grafika dimulai sejak jaman dulu kala. Leonardo da Vinci pelukis dari Italia sudah menghasilkan lukisan dengan objek 3D. Proyeksi ortografik yang digunakan dalam sistem grafika komputer sekarang ini, ditemukan oleh Gaspard Monge (1746-1868) seorang ahli matematika berkebangsaan Perancis.
Perkembangan grafika komputer secara sederhana dapat dibagi menjadi empat fase yaitu :
Fase Pertama
Dalam tahun 50an merupakan Era Grafika komputer Interaktif. Pada tahun 1950, MIT telah berhasil mengembangkan komputer Whirlwind dengan tabung sinar katode Chatode Ray Tube (CRT). komputer ini mampu memaparkan grafis pasif yang digunakan untuk bidang pertahanan. Pada tahun 1950an, banyak orang menggunakan pena cahaya (light-pen), yaitu sebuah alat input yang berbentuk pensil yang digunakan untuk memilih posisi, menunjuk suatu dan menggambarkan pada layer dengan penditeksi cahaya yang datang dari titik-titik layer CRT. Pada tahun 1959 perusahaan General Motor meneliti Alat Program Otomatis (Automatic Programming Tool).
Fase Kedua
Dalam dekade 1960an dapat dikatakan jaman penelitian/riset grafika computer interaktif. Grafika interaktif modern telah berhasil ditemukan oleh Ivan Sutherland dengan sistem penggambaran SKETCHPAD (Sutherland 1963).
Fase ketiga
Dimulai dalam dekade 1970an. Saat
ini, sektor industri, pemerintah dan ilmuan mulai sadar akan pentingnya grafika
computer interaktif untuk memperbaiki
kualitas desain produksi secara cepat dan mudah.
Fase keempat
Dimulai pada dekade 1980an. Pada
masa ini grafika computer berkembang pesat. Banyak yang berlomba untuk
menemukan teori algoritma baru. Penelitian bertumpu pada penggabungan dan
pengotomatisan berbagai unsur desain dan pemodelan.
Pada tahuan 1990an, teknologi model Hybrid mulai diperkenalkan.
Sejarah Perkembangan grafika Komputer, berikut ini list perkembangan mengenai Grafika komputer yang saat ini sedang trend di Indonesia.
- Awal tahun 60-an dimulainya model animasi dengan menampilkan simulasi efek fisik
- 1961 : Edward Zajac menyajikan suatu model simulasi satelit dengan menggunakan teknologi Grafik Komputer
- 1963 :
· ditermukan Sutherland (MIT)
· Sketchpad (manipulasi langsung, CAD)
· Alat untuk menampilkan Calligraphic (vector)
· Mouse oleh Douglas Englebert
- 1968 : ditemukan Evans & Sutherland
- 1969 : Journal SIGGRAPH pertama kali diterbitkan
- 1970 : Pierre B´eezier mengembangkan kurva B´eezier
- 1971 : ditemukan Gouraud Shading,
- 1972 : ditayangkannya filmWestworld, sebagai film pertama yang menggunakan animasi komputer
- 1974 : Ed Catmull mengembangkan z-buffer (Utah). Komputer animasi pendek, Hunger:Keyframe animation and morphing
- 1976 : Jim Blinn mengembangkan texture dan bump mapping
- 1977 : Film terkenal Star Wars menggunakan grafik komputer
- 1979 : Turner Whitted mengembangkan algoritma ray tracing,untuk pesawat Death Star
- Pertengahan tahun 70-an hingga 80-an: Pengembangan Quest for realism radiosity sebagai main-stream aplikasi realtime
- 1982 : Pengembangan teknologi grafik komputer untuk menampilkan partikel
- 1984 : Grafik Komputer digunakan untuk menggantikan model fisik pada film The Last Star Fighter
- 1986 : Pertama kalinya Film hasil produksi grafik komputer dijadikan sebagai nominasi dalam Academy Award: Luxo Jr. (Pixar).
- 1989 : Film Tin Toy (Pixar) memenangkan Academy Award.
- 1995 : Diproduksi fillm Toy Story (Pixar dan Disney) sebagai film 3D animasi panjang pertama
- Akhir tahun
90-an, ditemukannya teknologi visualisasi interaktif untuk ilmu pengetahuan
dan kedokteran, artistic rendering, image based rendering, path tracing, photon maps, dll. - Tahun 2000 ditemukannya teknologi perangkat keras untuk real-time photorealistic rendering
“Grafik komputer” atau Grafika komputer (Computer graphics) adalah salah satu cabang ilmu komputer yang berhubungan dengan pembuatan dan manipulasi gambar visual secara digital. Bentuk dari grafik komputer ini berawal dari grafika komputer 2D yang merupakan bentuk sederhana dari grafik komputer ini.
Kemudian grafik komputer mengalami perkembangan yang lebih canggih dari teknologi 2D menjadi grafika komputer 3D. Cabang ilmu komputer ini memiliki dua cabang lagi, yaitu pemrosesan citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition). Grafik komputer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data.
·
Bagian dari
disiplin ilmu grafik komputer meliputi:
• Geometri: yaitu ilmu untuk mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
• Animasi: yaitu ilmu untuk mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi
gerakan
• Rendering: yaitu ilmu untuk mempelajari algoritma untuk menampilkan efek
cahaya
• Citra (Imaging): yaitu ilmu untuk mempelajari cara pengambilan dan
penyuntingan gambar.
Pada perkembangan saat ini,
pemanfaatan teknologi grafika komputer
sangat dibutuhkan untuk memvisualisasikan objek-objek dunia nyata menjadi
objek grafis, dan implementasi yang real yaitu digunakannya teknologi grafika
komputer pada fraktal untuk pembuatan aplikasi desain suatu benda.


No comments:
Post a Comment